Berbagai Manfaat Buah Plum Hitam dan Merah - SENONERS

Berbagai Manfaat Buah Plum Hitam dan Merah

Berbagai Manfaat Buah Plum Hitam dan Merah

Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu mengenai buah plum karena buah ini memang belum terlalu familiar khususnya bagi masyarakat di Indonesia. 

Padahal buah ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan baik dan tepat.

Buah plum sendiri merupakan buah yang masuk di dalam varietas tanaman Prunus yang berada di dalam keluarga yang sama dengan buah almond dan buah persik. 

Buah ini memang belum dibudidayakan di Indonesia sehingga jangan heran jika buah ini masih belum banyak ditemukan di Indonesia.

Buah plum mengandung banyak zat yang sangat baik bagi kesehatan mulai dari protein, karbohidrat, serat dan folat, lemak, niasin, piridoksin, asam pantotenat, thiamin, sodium dan kaya akan Vitamin A, Vitamin B dan Vitamin C.

Lalu apa saja manfaat dari buah plum? Berikut ini adalah manfaatnya bagi kesehatan kita.
Sumber: pixabay

Manfaat Buah Plum Merah

Buah plum merah sendiri memiliki banyak manfaat yang jika dikonsumsi dengan tepat dapat menghindarkan kamu dari resiko penyakit jantung. 

Hal ini ini dikarenakan Flavonoid dan senyawa fenolik misalnya seperti antosianin, asam klorogenat, kuersetin dan katekin yang terdapat di dalam buah plum merah ini dapat memberikan efek anti – inflamasi pada sel sel di dalam tubuh dan Vitamin K yang dimiliki buah ini telah terbukti mampu mencegah klasifikasi arteri hingga tekanan darah tinggi sehingga buah plum dianggap mampu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu buah plum merah juga dianggap mempunyai nilai indeks glikemik yang sangat rendah serta senyawa flavonoid yang sangat bermanfaat di dalam melindungi tubuh terhadap resistensi insulin. 

Serat larut yang terdapat di dalam buah ini juga mampu menormalkan kadar gula darah serta memiliki fungsi sebagai obat alami untuk penyakit diabetes.

Manfaat Buah Plum Hitam

Sementara itu buah plum hitam juga memiliki banyak sekali manfaat seperti menjaga fungsi otak, karena kalium yang terkandung di dalam buah ini memiliki fungsi untuk membantu menjaga fungsi otak dan mampu meningkatkan proses berpikir serta meningkatkan konsentrasi dan fokus kamu loh.

Buah plum hitam juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita.

Manfaat Buah Plum Untuk Diet

Sedangkan bagi kamu yang diet dan ingin menurunkan berat badan kamu bisa mengkonsumsi buah plum yang mempunyai kalori yang sangat rendah, kalori yang dimilikinya sekitar 46 kalori per 100 gram dan hanya mengandung asam lemak tidak jenuh saja maka dari itu buah plum bagus sekali dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet.

Meski begitu buah ini sangat nikmat untuk dikonsumsi, dagingnya yang lembut dengan rasa asam manis dan aroma buah yang menyegarkan akan menjadi salah satu bahan makanan nikmat yang bisa menemani program diet mu.

Apalagi buah plum memiliki kandungan serat yang baik seperti sorbitol dan isatin sehingga akan dapat memperlancar fungsi perncernaan kamu karena manusia membutuhkan serat untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh. 

Proses pencernaan yang baik tentu akan memiliki dampak yang baik pula bagi kesehatan tubuh kamu ya.

Manfaat Buah Plum Untuk Ibu Hamil

Tak hanya baik dikonsumsi oleh orang biasa, wanita hamil pun disarankan untuk mengkonsumsi buah plum karena buah ini memiliki kandungan magnesium yang cukup banyak sehingga mampu melemaskan otot otot ibu hamil dan membantu untuk menghindarkan ibu hamil dari kontraksi dini dan memperkecil resiko kelahiran prematur.

Ibu hamil biasanya mengalami sembelit dan wasir yang diakibatkan hormon yang meningkat dan membuat penekanan dari rahim mengakibatkan sistem pencernaan bekerja menjadi lebih lamban. 

Buah plum yang kaya akan serat ini bisa meringankan buang air besar sehingga menghindarkan ibu hamil dari wasir dan sembelit.

Buah plum juga memiliki manfaat untuk memberikan energi dan antioksidan serta kalium yang didalamnya akan membuat ibu hamill terhindar dari rasa lemas dan kekurangan energi, sedangkan rasanya yang nikmat akan membuat ibu hamil merasa lebih bahagia.

Sedangkan Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil agar tehindar dari flue, diare, batuk hingga penyakit kecil biasa yang mudah menyerang ibu hamil.

Meski memiliki banyak manfaat, namun sebaiknya ibu hamil bijak dalam mengkonsumsi buah plum karena jika terlalu berlebihan bukannya manfaat yang didapatkan namun justru dapat meningkatkan resiko batu ginjal loh. Jadi konsumsi buah plum seperlunya saja ya.

Manfaat Buah Plum Kering

Kandungan karbohidrat yang dimiliki buah plum ini sangat aman dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet gula karena penelitian yang dilakukan menunjukkan jika buah plum bisa menurunkan gula darah.

Hal ini dikarenakan buah plum memiliki kandungan senyawa flavonoid yang dapat memberikan proteksi pada resistensi insulin dan juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin di dalam darah.

Serat yang terdapat di dalam buah plum ini juga dinilai mampu mengontrol gula darah yang meningkat diakibatkan dari pengkomsumsian karbohidrat yang berlebihan. 

Hal ini dikarenakan serat tidak dapat dicerna oleh tubuh namun bisa memperlambat pemecagan karbohidrat di dalam tubuh kamu dan mengubahnya menjadi gula.

Nah, ternyata manfaat buah plum memang tak terhingga ya, bagi kesehatan kita. Tak hanya bagi kamu, tapi bagi ibu hamil buah plum juga kaya akan manfaat asal dikonsumsi dengan bijak.
Please write your comments

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Silakan tinggalkan komentar dan share artikelnya. Jabat erat.