4 Cara Gila Meningkatkan Traffic Website

Hal paling crusial bagi pemilik website adalah peningkatan traffic website dari waktu ke waktu. Menjadikan website sebagai aset berharga yang bisa jadi sumber penghasilan di luar pekerjaan utama.

Maka dari itu, perlu upaya-upaya yang konsisten memikat pengguna internet untuk singgah di website kita. Dan, ini bukanlah sesuatu yang mudah. Karena setiap hari banyak sekali konten-konten baru yang diunggah di internet. Bahkan bisa jadi konten-konten itu lebih berkualitas dari konten di website milik kita.

Barangkali kita sudah berupaya menaikkan traffic dengan berbagai cara. Sudah berinvestasi lebih dengan membeli Hosting Indonesia, sering promo artikel di media sosial, dan lain sebagainya. Namun, di luar sana orang-orang terus berinovasi untuk menaikkan traffic, mereka bukan hanya membeli hosting dan promo artikel aja, tapi menemukan cara-cara gila untuk bisa menaikkan traffic website.

Setidaknya ada beberapa cara yang ditempuh untuk menaikkan traffic website, apa aja itu?
Sumber gambar: pixabay.com


Menggunakan Bot Traffic


Sebutannya mungkin bisa beda-beda, tapi saya lebih suka menyebutnya bot traffic. Semacam software atau aplikasi yang dipakai untuk memanipulasi data kunjungan website. Dengan sedemikian rupa, kunjungan website bisa melonjak tajam hanya dalam waktu singkat.

Secara statistik memang tampak naik, tapi dari sisi risiko juga riskan. Terutama di mata mesin Alexa. Padahal nih, kalau mau website-nya berkualitas, kudu terlihat baik di rangking Alexa.

Itulah masalahnya, beberapa informasi yang saya baca mengatakan bahwa penggunaan bot traffic ini bisa menurunkan rangking Alexa. Meskipun enggak semua viewer yang dihadirkan berupa 100% robot, tapi tetap saja ada aktivitas yang tercatat sebagai hal yang tidak wajar. Maka, ketika kita memutuskan untuk menggunakan bot traffic ini, pertimbangkan betul masa depan website kita akan seperti apa.

Menerapkan SEO


Cara kedua ini memang butuh skill khusus dan dana yang lumayan. Skill dalam arti keterampilan dalam melakukan optimasi search engine, dan dana di sini digunakan untuk meningkatkan performance website dan membuat konten yang SEO.

Beberapa website besar, biasanya berinvestasi dengan merekrut tim SEO yang kompeten. Enggak hanya satu orang, bisa jadi terdiri dari beberapa orang dengan kualifikasi keterampilan berbeda-beda. Mereka direkrut untuk menjaga traffic website stabil, bahkan terus meningkat.

Memang untuk membayar orang-orang ahli SEO ini enggak murah, tapi hasil yang kita dapat pun sebanding dengan investasi yang kita keluarkan. Karena traffic yang dihimpun dari teknik SEO ini biasanya bisa bertahan lama dan berasal dari pengunjung organik.

Rangkaian proses menaikkan traffic website dengan cara SEO ini memang cukup panjang. Mulai dari riset kata kunci, built in website yang performance-nya maksimal, hingga pembuatan konten yang berkualitas. Makanya dalam pengerjaannya butuh tim yang punya keahlian di masing-masing keahlian itu. Misal ada satu orang yang punya semua keahlian tersebut, ya mungkin saja mampu menghandel tugas utu. Namun, dari sisi produktifitas perlu dipertimbangkan juga. Karena menjalankan proses SEO seorang diri tentu butuh effort yang luar biasa.

Menyematkan Konten Nakal


Cara gila menaikkan traffic website yang ketiga adalah dengan menyematkan konten nakal di website kita. Konten nakal dalam arti yang memang mengandung unsur pornografi atau kontroversi. Enggak bisa dipungkiri bahwa pengguna internet ternyata banyak yang suka mengakses konten-konten nakal seperti ini. Buktinya banyak website dewasa dan berita-berita kontroversi yang dikemas sedemikian rupa ternyata trafficnya meledak.

Tentu saja perlu riset keyword terlebih dulu untuk mencari tahu konten seperti apa yang sedang banyak dicari di internet. Jadi perlu strategi juga, bukan sekadar upload konten dewasa atau kontroversi biasa.

Minimal kita targetkan keyword nakal dan kontroversi yang sedang booming. Sehingga potensi untuk klik-nya lebih tinggi dibanding keyword yang biasa.

Kekurangan dari cara ini adalah mungkin beberapa konten kita akan kena sensor di negara tertentu karena dianggap menyajikan konten yang terlalu vulgar atau restricted. Atau bisa juga akan berimbas pada branding website yang kita bangun. Jadi sebelum menggunakan cara ketiga ini sebauknya pertimbangan lagi visi dari website yang kita tuju.

Beriklan di Google


Cara keempat untuk menaikkan traffic website adalah dengan beriklan di Google. Menurut saya cara ini lebih aman ketimbang pakai bot traffic atau pun menggunakan konten nakal untuk menaikkan traffic website. Memang sih kita butuh dana untuk bisa beriklan di Google.

Namun, secara aturan main ini jelas lebih safety. Kalau konten website kita bagus, hasil iklan di Google akan maksimal, tapi kalau konten kita jelek atau performance websitenya kurang joss, maka iklan kita bisa jadi sia-sia.

Ibaratnya kita bayar Google untuk menarik orang masuk website kita, tapi setelah masuk ternyata mereka kecewa. Jelas mereka akan buru-buru pergi dan barangkali kapok enggak akan balik lagi berkunjung ke website kita.

Untuk itu pastikan performance website kita mumpuni dan punya konten yang menarik. Toh sekarang sudah ada provider yang menyediakan Hosting Murah untuk kebutuhan website kita. Seperti yang disediakan oleh Qwords.com. Sejauh yang saya tahu, Qwords sudah banyak bekerja sama dengan website-website kelas kakap terkait penyediaan hosting dan domain.

Nah, itulah 4 cara gila untuk menaikkan traffic website yang bisa kita coba. Meskipun keempatnya terbukti bisa menaikkan traffic, tapi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi bijaklah untuk memilih hendak menggunakan cara yang mana. Atau jangan-jangan kita hendak bereksperimen mencoba cara lain untuk menaikkan traffic website kita? Kenapa enggak?

Post a Comment

0 Comments