Begini Cara Saya Memaksimalkan Layanan Hosting Indonesia Untuk Cari Duit

Share:

Percaya atau enggak, awal saya kenal dengan layanan hosting Indonesia tuh gara-gara nekat. Niatnya biar lebih serius ngeblog, akhirnya nekat sewa hosting dan domain tahunan. Saya bilang nekat, karena waktu itu memang berangkat dari nol. Enggak tahu sama sekali bagaimana membangun blog self hosting.
Sebenarnya waktu itu saya punya beberapa blog gratisan, tapi enggak terjamah dengan baik. Hingga angkernya ngalahin kuburan Jeruk Purut yang di film-film itu.
Jangankan posting tulisan, nunjukin link blog ke teman aja malu. Akhirnya, biar kelihatan rada keren dikit ya saya bikin blog self hosting. Minimal kalau blog yang saya punya adalah berbayar tahunan, maka setidaknya ada paksaan untuk menjamahnya biar tetap eksis.
Namun, masalahnya saya enggak punya duit banyak buat bikin blog. Waktu itu cuma punya 350 ribu aja. Padahal dari beberapa info yang saya baca, untuk membuat blog self hosting yang bagus minimal kudu nyiapin dana minimal sejuta. Duh, karyawan pas-pasan kayak saya bakal cenat-cenut buang duit sejuta buat bikin blog.
Memang sih kedengarannya agak konyol. Biasanya orang ngeblog buat menghasilkan duit, ini malah buang-buang duit. Bahkan enggak jelas bakal bisa untung atau buntung dari situ. Tetapi saya ngerasa enjoy aja. Rugi di awal enggak masalah, saya yakin bakal ada manfaat yang didapat dari kenekatan itu.
Lalu bagaimana dengan kita yang enggak mau ambil risiko seperti itu? Ya, matangkan konsepnya sejak awal. Menggali ide kreatif yang bisa menghasilkan duit, lalu membangun sistem pendukung untuk memaksimal penghasilan melalui jaringan online.
Kenapa harus jaringan online? Karena pasarnya lebih luas, Gaes. Peluang menemukan pembeli atau pengguna jasa juga lebih besar. Inilah yang saat itu belum terkonsep dengan benar di benak saya saat itu. Hingga saya memutuskan main blog self hosting sekadar untuk motivasi mengasah skill menulis saja.
Sumber: pexels.com

Mencari Layanan Hosting Indonesia yang Sesuai Kebutuhan

Barangkali kalau kita baca-baca diskusi para master blogger di grup-grup media online, banyak yang merekomendasikan penyedia hosting luar negeri. Mereka meyakinkan bahwa fitur dan respon terhadap customernya lebih baik. Tetapi kendalanya ada pada metode pembayaran yang prosedurnya agak ribet. Kadang harus pakai kartu kredit, atau pakai akun paypal.
Bagi orang awam macam saya, tentu mikirnya rada berat kalau harus punya kartu kredit atau bikin akun paypal. Maka terpaksa saya cari alternatif ambil penyedia hosting Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan. Biar enggak pusing mikirin pembayarannya.
Memang ada banyak sekali penyedia layanan hosting Indonesia, tapi hanya beberapa aja yang bisa memberikan layanan terbaik. Nah, bagaimana cara kita bisa mengetahui layanan mereka adalah yang terbaik?

Membandingkan Fitur-fitur Layanan Hosting Indonesia

Membandingkan fitur layanan hosting ini bisa kita lakukan dengan mengunjungi situs resminya. Membuka informasi support sistem yang ditawarkan, dan mencermati paket-paket hosting yang jadi unggulan. Ambil saja tiga sampai lima situs penyedia layanan hosting Indonesia. Kemudian bandingkan mana yang sesuai dengan kebutuhan.
Beberapa fitur yang perlu kita bandingkan adalah meliputi:
1. Layanan bantuan 24 jam
2. Ketersediaan panduan pengelolaan
3. Ada enggaknya private data center
4. Kecepatan akses
5. Garansi yang diberikan oleh penyedia hosting
Sejauh yang saya tahu, salah satu penyedia layanan hosting terbaik adalah qwords.com. Kriteria-kriteria yang saya butuhkan ada dalam support system yang mereka tawarkan.

Mencermati Hasil Review Layanan Hosting Indonesia

Review layanan hosting Indonesia yang ditulis oleh para pengguna menjadi referensi penting untuk mempertimbangkan pilihan yang terbaik. Cermati apa kelebihan dan kekurangan yang dirasakan para pengguna. Cari tahu bagaimana mereka mengatasi hambatan-hambatan yang pernah dialami. Lalu perhatikan apa saran dan rekomendasi dari mereka.
Bisa jadi nantinya kita akan memilih layanan hosting yang berbeda dengan apa yang direkomendasikan. Hal ini enggak masalah, karena kita tentu memilihnya berdasarkan kemampuan finansial dan kebutuhan. Hal yang sebaiknya kita pikirkan adalah bagaimana caranya mengatasi hambatan-hambatan itu. Setidaknya kita sudah punya siap jika nantinya terjadi masalah seperti yang diperkirakan.

Di mana kita bisa menemukan hasil review layanan hosting Indonesia? Paling mudah adalah dengan melihatnya di laman google review. Kita sangat diuntungkan dengan adanya Google Bisnis, sehingga bisa memantau langsung bagaimana review dari para pelanggan di sana. Atau kita bisa blogwalking, ada banyak sekali blog yang mereview layanan hosting Indonesia. Seperti web hostadevice.com yang pernah mereview penyedia layanan hosting terbaik seperti qwords.com

Mencoba Versi Trial Layanan Hosting Indonesia

Sering kali kita belum merasa yakin meskipun sudah membandingkan dan mencermati hasil review layanan hosting Indonesia. Sebenarnya sudah ada pilihan, tapi masih ragu apa benar pilihan itu sudah tepat? Hingga kemudian kita butuh merasakan sendiri untuk mendapatkan keyakinan atas pilihan itu.
Atas dasar inilah kemudian para penyedia layanan hosting Indonesia menyediakan versi trial. Agar para pengguna benar-benar merasakan bukti kualitas layanan secara langsung, bukan sekadar janji.
Nah, untuk mencoba versi trial layanan hosting Indonesia, kita bisa langsung saja menuju situs penyedia layanan hosting Indonesia. Pilih paket hosting yang menyediakan versi trial untuk pelanggan. Memang enggak semua penyedia layanan hosting menyediakan versi trial, oleh karena itu kita harus cermat memilih penyedia layanan hosting Indonesia yang menyediakannya.


Membangun Pasar Virtual Dengan Wordpress dari Layanan Hosting Indonesia

Saya pakai istilah "Pasar Virtual" untuk sebuah website atau blog yang akan kita bangun dengan tujuan untuk mendapatkan hasil dari sana. Semacam media untuk menghasilkan duit. Mirip dengan fungsi pasar yang biasa dipakai untuk menggelar dagangan, tempat bertemunya penjual dan pembeli, tempat bertransaksi dan berinteraksi, dan tentu saja sebagai aset untuk menghasilkan duit.
Cukup dengan menggunakan Wordpress sebagai kendaraan untuk membangunnya. Iya, karena Wordpress menurut saya punya fitur-fitur yang kita butuhkan dan lumayan mudah untuk dijalankan. Maka, wajar sekali jika hasil survey mengatakan bahwa Wordpress merupakan Content Management System yang paling banyak digunakan oleh para blogger dan web developer.

Ada dua cara untuk memaksimalkan wordpress yang disediakan oleh layanan hosting Indonesia, antara lain:

Menggunakan Wordpress Hosting dari Penyedia Layanan Hosting Indonesia

Kalau kita akan membangun web atau blog berbasis wordpress, tentu saja akan lebih mudah kalau pakai wordpress hosting. Banyak sekali penyedia layanan hosting Indonesia yang menyediakan wordpress hosting. Kita tinggal pilih aja salah satu.
Untuk mendapatkan layanan wordpress hosting terbaik, kita bisa mencermati detail paket yang ditawarkan. Seperti yang ditawarkan oleh qwords.com yang memberikan optimalisasi cloudPop pada paket wordpress hosting yang dia tawarkan. Hal ini menjadi poin plus tersendiri sebagai pertimbangan untuk memilih paket wordpress hosting dari qwords.
Ketika kita menggunakan wordpress hosting, beban pengelolaan web atau blog menjadi lebih ringan. Karena ada support service dari wordpress yang menghandelnya. Seperti kegiatan backup data secara periodik, pengelolaan jaringan, dan lain sebagainya.
Hal lain yang membedakan ketika kita pakai wordpress hosting adalah dashboard hosting yang menggunakan Plesk. Tidak menggunakan cPanel sebagaimana biasanya ketika kita saat menggunakan paket cloud hosting atau unlimited hosting.
Bagi yang masih awam menggunakan layanan wordpress hosting mungkin akan butuh sedikit adaptasi dengan dashboard Plesk. Namun, sejauh pengalaman saya mencoba wordpress hosting, rasanya enggak terlalu sulit untuk menguasai menu-menu yang ada di dashboard Plesk.
Toh juga banyak sekali referensi dan tutorial cara penggunaannya yang tersebar di internet. Jadi, saya rasa enggak perlu takut untuk mencoba wordpress hosting.

Menggunakan CMS Wordpress pada Layanan Hosting Indonesia

Untuk cara yang kedua ini kita bisa memilih paket cloud hosting atau unlimited hosting atau yang lainnya. Pokoknya selain wordpress hosting. Karena kita akan menggunakan cPanel untuk mengelola web atau blog yang akan kita jadikan pasar virtual. Memang secara tampilan akan sangat  berbeda dengan Plesk.
Biasanya saya lebih sering pakai cara ini untuk membuatkan web atau blog wordpress pelanggan. Menginstallkan CMS wordpress, mendesainkan tampilan, lalu melakukan setting SEO dan kebutuhan lainnya. Kenapa pilih cara kedua ini? Karena menurut saya pelanggan bisa lebih hemat, bisa memilih paket paling hosting murah lalu di kemudian hari mengupgradenya menjadi lebih besar kapasitasnya.
Nah, sekarang saya anggap kita sudah punya hosting dan domain yang sudah terinstall wordress. Untuk menjadikannya pasar virtual, kita harus melakukan setting dan mengisi konten. Kedua hal ini sifatnya wajib kita lakukan. Karena sebuah web atau blog tanpa setting yang baik dan konten yang bagus, ya enggak akan menghasilkan.
Beberapa setting yang perlu dilakukan pada blog wordpress adalah mengenai pengaturan template, plugin, dan SEO-nya. Template berkaitan dengan tampilan, sedangkan plugin berkaitan dengan menu dan fitur yang ingin kita munculkan di web atau blog. Sebenarnya sampai di sini sudah cukup, tapi untuk mendatangkan pengunjung ke web, kita perlu melakukan pengaturan SEO.
Saya bersyukur, buah kenekatan saya membuat blog self hosting kini bisa jadi hobi yang mendatangkan duit. Beberapa kali datang orderan untuk membuat blog dan website. Selain itu, juga ada orderan untuk menulis konten. Tentu saja awal mula saya dikenal sebagai penulis konten yak arena tulisan-tulisan saya yang ada di blog self hosting.

Dulu saat melamar jadi penulis konten, saya tunjukkan tulisan-tulisan saya yang ada di blog, Alhamdulillah diterima. Menurut saya inilah cara efektif untuk menghasilkan duit dari ide kreatif yang kita miliki.
Asah keterampilan yang kita miliki, ciptakan produk dari ide kreatif, lalu pasarkan melalui media online.

2 comments:

  1. Wah Mas Seno udah pakar banget nih. Perlu diundang ngajarin kami2 tentang dashboard WP=)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Otodidak, kak. Alhamdulillah modal nekat... banyak yang lebih jago je. xixixi

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Silakan tinggalkan komentar dan share artikelnya. Jabat erat.