Tips Mudah Penerapan SEO Pada Konten Blog

Sumber Gambar: mediababe.net

Tips Mudah Penerapan SEO Pada Konten Blog - Tanpa pembaca, sebuah blog bisa serupa sampah. Cuma memenuhi storage data based internet saja. Mubadzir sekali jika tulisan yang dibuat dengan mencurahkan pikiran dan tenaga pesannya tidak sampai ke pembaca. Kecuali tulisan itu berupa dokumen rahasia yang hanya untuk konsumsi pribadi.

Diluar konteks penulisan konten rahasia tersebut, akan sangat menguntungkan sekali jika sebuah artikel yang kita tulis di blog bisa terindeks dengan baik oleh search engine. Dengan begitu kemungkinan kunjungan pada blog kita juga lebih tinggi. Karena artikel kita mudah ditemukan oleh pembaca.

Permasalahannya tidak semua bloger memahami SEO. Banyak yang menulis di blog hanya sekadar menulis saja. Sehingga merasa tidak perlu menerapkan SEO dalam artikel yang di posting di blog.

Nah, pada artikel ini akan saya paparkan Tips Mudah Penerapan SEO Pada Konten Blog. Langkah-lang kah yang saya jabarkan disini saya dapatkan dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi selama saya terjun di dunia blogging. Siapapun bisa mencoba langkah-langkah ini untuk menerapkan SEO dalam menulis konten blog.

Langkah pertama, Niat menulis untuk dibaca manusia, dan lakukan optimasi penelusuran.

Sering mendengar kalimat ini, "Sesungguhnya segala amal perbuatan manusia tergantung pada niatnya." Biasanya kalimat ini digunakan dalam kontek perkara ibadah, tapi sebenarnya bisa kita terapkan dalam setiap aspek kegiatan. Mulai dari kegiatan ringan yang sepele hingga suatu inovasi langkah besar yang mungkin bisa merubah dunia. Perlu kita renungkan bersama kalimat tersebut. Terutama terkait dengan niatan awal kita ngeblog.

Mari niatkan menulis konten blog yang akan dibaca oleh manusia. Menulis sesuai kaidah yang disukai manusia. Entah menulis untuk menyebar hikmah, memberi hiburan, menambah kekayaan berpikir dan logika, edukasi, apapun itu.

Andai saja di awal kita menulis sudah menargetkan sasaran pembacanya adalah manusia, tentu kita akan berusaha menyajikan tulisan yang enak dibaca. Sedangkan untuk penerapan SEO hanya sekadar tambahan saja. Sifatnya hanya untuk memudahkan artikel terindeks oleh search engine. Jangan sampai terbalik niatnya. Jika niat menulisnya diutamakan untuk SEO, kemungkinan besar artikelnya kurang sedap di baca.

Sebaiknya enulis saja secara natural, sebagaimana kita ingin menulis pesan kebaikan untuk seseorang yang kita sayangi. Pasti akan lebih enjoy dan hasilnya lebih enak dibaca.  

Langkah kedua, Hati-hati dengan jebakan kepadatan kata kunci (keyword density).

"Faktanya, google tidak pernah menyebutkan tentang keyword density. Kepadatan kata kunci merupakan salah satu mitos dalam penerapan SEO." (maxmanroe.com)

Gunakan keyword yang wajar-wajar saja. Tak perlu dipaksakan untuk memenuhi syarat sekian persen banyaknya dari jumlah kata dalam artikel. Terlalu focus pada kepadatan kata kunci hanya akan menjadi pembatas kreativitas kita. Produktifvitas menulis pun bisa terhambat. Enjoy saja dulu. Temukan pola yang enak untuk menuangkan kreativitas. Yang penting konsisten dan tetap produktif menulis.

Langkah ketiga, Pilih keyword yang relevan dan sinonimnya untuk disisipkan dalam beberapa paragraph pada artikel.
 
Sumber Gambar: klikmania.net
Langkah ini berbeda dengan menerapkan kepadatan kata kunci. Kepadatan kata kunci menitikberatkan pada proporsi jumlah keyword dalam artikel, sedangkan pemilihan kata kunci disini lebih fokus pada pemilihan keyword yang akan dipakai di artikel. Jenis keywordnya atau bunyi kata yang akan dipilih sebagai keyword. Gunakan pilihan kata kunci sebagai komposisi kata di dalam judul, kemudian diselipkan di isi artikel.

Hal ini bukan berarti dengan menuliskan keyword yang sama berkali-kali dalam satu artikel. Namun, pilih dan fokuslah pada satu kata kunci dan selipkan sinonim dari kata tersebut ke dalam judul, dan isi artikel yang kita tulis.

Kemudian mulai menulis konten dengan pemilihan kata-kata yang relevan dengan topik yang dibahas. Jangan sampai membahas hal-hal di luar tema. Mesin pengindeks google akan mencerna antar keyword yang saling berkaitan. Pilih saja kata-kata yang maknanya mendekati keyword yang kita pilih. Tapi ini bukan syarat mutlak.

Langkah keempat, Buatlah judul yang jujur dan menggugah rasa penasaran, tapi mengandung unsur kata kunci yang dibidik.

Faktanya sebagian besar pembaca terpikat ingin membaca sebuah artikel karena judulnya yang unik dan bikin penasaran. Meskipun seringkali isi artikelnya tidak sesuai dengan judul yang disematkan. Oleh karena itu saya sarankan pilihlah judul yang menarik dan jujur. Intinya judul arrikel selain menarik juga merepresentasikan isi tulisan. Jangan membohongi pembaca dengan menyajikan judul dan isi yang tidak nyambung.

Pembaca yang mencari informasi melalui google akan disajikan judul dan deskripsi artikel sesuai dengan kata kunci yang diminta. Robot google akan melihat title tags ketika menemukan blog kita. Jadi pemilihan judul yang relevan dengan isi dan deskripsi yang menarik akan sangat jitu memikat pembaca.

Langkah kelima, Tambahkan media gambar atau film pada artikel yang relevan dengan tema yang ditulis.

Selain memperindah tulisan, gambar juga bisa menjadi pintu bagi pembaca untuk membaca artikel blog kita. Syaratnya, pastikan sebelum upload gambar di artikel nama file gambarnya sama dengan kata kunci yang dibidik dalam artikel. Misalnya, jika kita menulis artikel dengan kata kunci “cara menulis konten blog,” maka namai gambar yang akan kita uploade dengan nama, “cara menulis konten blog.”

Fungsinya adalah ketika orang membuka mesin google lalu mengetikkan “cara menulis konten blog,” maka mesin google akan menampilkan gambar yang relevan. Salah satunya gambar kita yang sudah kita rename tersebut. Ketika orang mengklik gambar tersebut, maka akan diarahkan ke tulisan kita.

Silakan dicoba dan dipraktikkan. Semoga Tips Mudah Penerapan SEO Pada Konten Blog ini dapat membantu meningkatkan pengunjung blog kita. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga artikel-artikel kalian menjadi viral.

Salam bloger kreatif



Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon