Ribuan Regulasi Diserahkan Ke Pengurus RS Hari Ini

Sumber Gambar: dokumentasi PKRS RSNH


Ribuan Regulasi Diserahkan Ke Pengurus RS Hari Ini - Selain aset keuangan dan fisik bangunan, ada satu aset berharga lainnya yang dimiliki oleh suatu perusahaan, yaitu regulasi. Dialah dokumen yang sebenarnya berperan penting dalam penataan sistem operasional dan pengorganisasian perusahaan. Sebuah aset yang perperan vital dalam pengendalian sistem penggerak perusahaan.

Banyak kasus yang menunjukkan bahwa lemahnya sistem pelayanan di sebuah perusahaan jasa disebabkan karena regulasi yang kurang baik. Malpraktik, misprosedur, dan bentuk kasus lain yang bisa mengakibatkan kerugian konsumen dan juga perusahaan itu sendiri. Hal seperti ini jika terjadi dalam pelayanan sebuah rumah sakit, dampaknya bisa sangat berbahaya. Bahkan nyawa taruhannya.

Ketika sebuah kasus terjadi, dugaan malpraktik misalnya, maka ruiukan pertama yang akan dikaji adalah pelaksanaan regulasinya. Jika sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur, baru kemudian dikaji isi dari regulasi tersebut.

Ketika seorang karyawan terbukti tidak menjalankan prosedur dengan benar, maka kemungkinan besar akan dikenai sanksi jika kasus tersebut masuk ke ranah hukum. Namun, jika karyawan sudah menjalankan prosedur dengan benar, tapi isi prosedurnya yang kurang sesuai evidence based, maka pimpinan perusahaan yang bertanggung jawab.

Berkaca dari hal di atas, maka saya kira sudah selayaknya perusahaan melakukan pengelolaan regulasi dengan baik. Memastikan regulasi dapat dijalankan dan selalu update sesuai denhan evidence based terkini. Sehingga dapat meminimalkan risiko kerugian pada karyawan dan perusahaan akibat buruknya sistem pelayanan.

Hal inilah yang coba dilakukan oleh manajemen RS Nur Hidayah saat ini. Manajemen bersama Pengurus RS menginisiasi melakukan penataan dokumen regulasi. Harapannya ke depan akan bisa memudahkan berbagai pihak untuk mengelola dan memantau keabsahannya.

Ada ribuan regulasi yang tercatat sebagai regulasi aktif RS Nur Hidayah saat ini. Terdiri dari kebijakan Direktur, Pedoman dan Panduan, SPO, serta program kerja yang menjadi acuan sistem organisasi dan pelayanan di rumah sakit. Semua regulasi tersebut diinventarisir menjadi satu file softcopy dan hardcopy. Kemudian diserahkan kepada Pengurus RS untuk di kelola sebagai salah satu aset Yayasan.

Nah, kebetulan saya ikut terlibat dalam tim penyusunan regulasi RS. Meskipun tidak banyak merumuskan regulasi, tapi saya turut senang bisa merasakan proses perbaikan mutu RS. Menjadi bagian dari konseptor sekaligus implementator regulasi. Makanya di postingan ini bahasa tulisan saya agak berat. Maklum jiwa konseptor regulasinya masih kental. Wkwkwk...
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon