Membuat Overview Dokumen Akreditasi RS


File overview dokumen akreditasi RS
Membuat overview dokumen akreditasi RS - Disesali atau tidak, proses akreditasi membawa seluruh elemen Rumah Sakit terjebak dalam lingkaran aturan mutu yang mengikat. Memaksa semua elemen struktural dan fungsional bergerak melaksanakan standar yang sama. Dalam penerapannya seringkali mengalami kendala komunikasi. Sehingga perlu sosialisasi berulang-ulang kepada staf, apalagi ketika ada pergantian pejabat struktural yang baru.

Mengingat salah satu kompetensi manajer adalah penguasaan regulasi, maka dibutuhkan metode sosialisasi yang lebib efektif. Terutama untuk memahamkan standar akreditasi dan bentuk implementasi yang sesuai dengan bagiannya.

Memang ada Pokja Akreditasi yang fokus mengelola dokumen akreditasi. Namun, hal ini bisa membuat pemahaman manajer terkotak-kotak mengenai standar akreditasi. Bahkan risiko buruknya, manajer tidak paham wujud regulasi dan bukti implementasi standar akreditasi tertentu karena tidak banyak terlibat di Pokja Akreditasi.

Nah, salah satu cara untuk mengurangi hambatan tersebut adalah dengan membuat overview dokumen akreditasi RS. Bukan hanya sebatas regulasinya saja, melainkan memcakup standar apa, elemen penilaian berapa, wujud regulasinya seperti apa, dan bukti implementasinya kayak gimana.

Hal inilah yang coba kami lakukan beberapa bulan terakhir ini. Dimulai dari proses identifikasi dokumen regulasi berdasarkan per elemen penilaian akreditasi, merivisi regulasi, kemudian menyiapkan bukti implementasi. 

Wujud akhir dari overview dokumen akreditasi RS ini adalah file pemetaan dokumen akreditasi, file hardcopy dan softcopy regulasi, dokumen regulasi hardcopy dengan penandaan elemen penilaian, slide presentasi overview dokumen perstandar per elemen penilaian, dan dokumen hardcopy cuplikan regulasi dan bukti implementasi yang menjawab setiap elemen penilaian.

Apa setiap RS wajib membuat overview dokumen regulasi RS?

Tidak wajib. Ini hanya sebuah metode untuk mengelola dokumen regulasi agar mudah ketika melakukan penelusuran wujud jawaban perelemen penilaian standar akreditasi. Dengan menggunakan dokumen ini akan lebih mudah pula ketika mensosialisasikan dokumen regulasi kepada staf baru. Atau akan sangat membantu dalam kegiatan sharing dengan RS lain terkait penerapan standar akreditasi rumah sakit.

Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon