Karyawan Terbaik Bukanlah Yang Disayang Boss

Sumber Gambar: pojokbisnis.com

Memang selalu bikin ngiri kalau melihat salah satu karyawan disayang Boss. Kalau ada proyek, dia selalu jadi prioritas. Kalau ada salah, orang lain yang kena semprot. Pokoknya perlakuan si Boss ke dia sangat istimewa, hingga seringkali muncul kecemburuan sosial di lingkungan kerja. Benarkah karyawan yang model begini adalah karyawan terbaik?

Mungkin saja iya, tapi kemungkinan besar tidak. Dia bisa jadi karyawan terbaik bukan lantaran disayang si Boss, melainkan karena memang performanya bagus sehingga si Boss menyukai pekerjaannya. Jadi perlu dilihat dulu bagaimana pribadi si karyawan tersebut.

Seperti yang di publish di website kubik.co.id bahwa ada beberapa syarat untuk menjadi karyawan terbaik, antara lain:

1. Memiliki Target dan Komitmen

Target bisa dalam bentuk capaian personal, dan juga target output pekerjaan. Target personal ditetapkan untuk memacu pengembangan diri karyawan, menambah keahlian, menaikkan level kemampuan dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Sedangkan target output pekerjaan untuk mengukur efisiensi dan kualitas hasil kerja karyawan. Kedua target ini harus dimiliki oleh karyawan.

Setelah menentukan target, selanjutnya adalah komitmen untuk merealisasikannya. Ada usaha yang sungguh-sungguh untuk menggapainya. Sehingga pada saatnya kelak, prestasilah yang akan terwujud. Efeknya akan juga dirasakan oleh perusahaan.

2. Menjadi Agen Perubahan

Agen perubahan adalah karyawan yang bertindak sebagai pemicu terjadinya perubahan di lingkungan perusahaan. Tentu saja perubahan yang sifatnya membawa manfaat bagi perusahaan dan lingkungan. Meskipun secara umum definisi perubahan bisa mengarah pada perubahan positif dan perubahan negatif.

Karyawan yang baik akan memicu karyawan lain untuk bekerja lebih baik. Bukan memicu kerusuhan yang bisa memperkeruh kondusifitas lingkungan kerja.

3. Menjadi Expert di Bidangnya

Karyawan terbaik itu sangat ahli dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan bidangnya. Senantiasa terus mengasah pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan diri. Dia paham betul bagaimana menyelesaikan pekerjaan dan menjadi contoh bagi karyawan lainnya.

4. Menjadi Sumber Energi Positif di Lingkungannya

Menjadi sumber energi positif, bukan menjadi provokator bagi lingkungan kerja. Selalu memotivasi rekan kerja lainnya untuk bisa bekerja lebih baik. Minimal tidak menjadi bagian dari karyawan yang tidak loyal terhadap perusahaan.

5. Penuh Integritas

Seorang karyawan yang baik akan bersikap jujur dan konsisten dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dalam bekerja. Dia memiliki karakter yang kuat, selalu bertanggung jawab atas penyelesaian tugas-tugasnya sebagai karyawan. Bukan tipe yang mudah menyerah dan kalah.

Nah, itulah syarat menjadi karyawan terbaik. Semoga kita bisa mewujudkannya sehingga membawa manfaat bagi perusahaan dan lingkungan kita. aamiin.



Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon