Jenis Artikel yang Disukai Pengunjung Blog

Sumber Gambar: meenta.net

Jenis Artikel yang Disukai Pengunjung Blog - Hentikan sekarang juga kebiasaan copy paste tulisan di blog. Selain merugikan, hal ini juga tidak etis untuk dilakukan. Sebaiknya tulis artikel sendiri. Semampunya. Meskipun belum sempurna, tapi setidaknya ada usaha. Suatu saat hanya orang-orang yang mau belajar lah yang dapat meraih sukses lebih cepat.

Pada sebuah acara pelatihan kepenulisan Mas Dwi Suwiknyo menyampaikan, “Mahasiswa seharusnya tidak saja menjadi konsumen tulisan dari internet. Hentikan cara Copas (copy paste) yang memalukan untuk membuat sebuah makalah atau skripsi. Mari kita menjadi produsen tulisan yang akan banyak memberikan pemikiran dan gagasan segar bagi dunia melalui internet.” (Writerpreneurship, 2014).

JLEBB!!.. Apa betul di jaman seperti sekarang ini masih ada mahasiswa yang membuat makalah dengan cara Copas dari internet? Jika masih ada artinya hal memalukan itu terwariskan dari jaman ketika saya masih jadi mahasiswa dahulu kala, haha… Gak banyak sih tulisan yang saya copy paste.

Ternyata kebiasaan copas ini tidak hanya sebatas kalangan mahasiswa saja. Jika saya amati sekarang banyak sekali blog atau website yang isinya sama persis dengan blog lainnya. Coba saja cari di mesin Google, ketikkan keyword apapun tentang tips atau tutorial cara menulis artikel di blog misalnya. Atau tutorial lainnya. Banyak, Bero!! Apalagi sekarang banyak tutorial tentang blog AGC, atau menulis dengan Spiner. Padahal sebenarnya kita masih bisa menyampaikan tutorial tersebut dengan gaya kita sendiri. Menulisnya berdasarkan pengalaman kita sendiri.

Meskipun tidak ada sanksi khusus terhadap penjiplakan model begini, tapi saya rasa alangkah baiknya kalau kita bikin konten blog yang beda. Original gaya kita. Kecuali konten pada website replika produk MLM lho, ya? Nggak bisa di ganggu gugat kalau itu. Memang tujuan website macam itu untuk tujuan promosi, Gaes… Kalaupun mau menggunakan bahan tulisan dari sana biasanya harus memiliki ijin penggunaan materi resmi dari perusahaan.

Nah, sebenarnya jenis artikel yang disukai pengunjung blog tuh apa saja sih? Biar rasa original kontennya kerasa, gitu…

Menurut buku Writerpreneurship karya Mas Dwi Suwiknyo setidaknya ada empat jenis tulisan yang asyik untuk di upload di blog. Ke lima jenis tulisan tersebut antara lain:

1.      Opini kita sendiri.

Ungkapkan ide yang ada di kepala kita dengan cara yang unik. Tulis dengan gaya sendiri. Meskipun ide itu terilhami dari tulisan orang lain, tuliskan dengan gaya penulisan sendiri. Bisa dituliskan dalam bentuk esai yang dilengkapi data-data penguat opini kita.

2.      Menulis kritikan atas suatu masalah dan menawarkan solusi.

Jangan hanya berani mengkritik tanpa menawarkan solusi. Hal ini bisa menimbulkan masalah baru. Meskipun sering juga kita lihat banyak orang yang suka mengkritik tanpa menawarkan solusi. Hihihi… Tulisan jenis ini bisa kita tuangkan dalam bentuk artikel populer. Jangan lupa juga menyertakan data-data yang valid sebagai pendukung.

3.      Menulis feature atas sebuah kejadian.

Dalam tulisan jenis ini kita bisa mengangkat sisi kemanusiaan. Ledakkan emosi pembaca melalui tulisan. Buat pembaca tersulut kemarahannya, merasa sedih, senang dan lain sebagainya. Disini kita bisa belajar bagaimana memainkan perasaan pembaca melalui tulisan.

4.      Menulis berita. Gunakan rumus 5W+1H.

Tidak harus menjadi reporter kawakan untuk menulis sebuah berita. Latih kepekaan kita dengan menuliskan kejadian yang ada di sekitar kita dalam bentuk sebuah berita. Share di blog. Cara mudahnya amati kejadian yang ada di sekitar kita. Coba dalami kejadian dengan pertanyaan Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana peristiwa itu terjadi. Kemudian jabarkan dalam paragraf-paragraf yang nantinya jadi sebuah tulisan berita.

Nah, itulah jenis artikel yang disukai pengunjung blog, biar konten blog kita lebih kental rasa originalitasnya. Namun jika mau nulis di luar keempat jenis tulisan di atas ya nggak apa-apa juga sih. Karena hukum “suka-suka Gue” selalu berlaku buat majang apapun di blog.

Perlu diingat juga bahwa “Pembaca blog lebih suka tulisan yang ringkas dan tidak bertele-tele. Hadirkan topik yang menarik didukung dengan judul, Lead, kalimat pembuka yang menarik minat baca.” (Dwi Suwiknyo, 2014).


So, masihkah kita mau copas-mengcopas yang memalukan itu?
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon