Denganmu di Suatu Pagi di Dermaga

Denganmu di suatu pagi di dermaga
Denganmu di suatu pagi di dermaga - Kita seperti muda lagi. Memenjarakan asmara meski hanya di sepotong pagi. Berteduh sejenak dari siraman surya. Membenamkan diri di kedai kopi. Pada lincak usang yang tergeletak di hamparan beton di bibir pantai, kita bersanding. Pagi kali ini akhirnya milik kita. Termasuk peracik wedang kopi yang menunggui tungku sendiri.

"Be, kenapa baru sekarang kita bisa seperti ini?" Bisikmu.

"Entahlah, mungkin karena selama ini kita sibuk membagi cinta ke orang lain.

Sebenarnya aku tak punya jawaban pasti atas pertanyaanmu. Mengingat kita memulai hubungan dengan jalan yang tak biasa. Mungkin hanya kita yang memulainya tanpa rasa saling cinta. Aku menikahimu karena kamu satu-satunya jawaban tepat bagi orang tuaku. Entah bagaimana tentangku di hatimu.

Aku benar-benar tak menuntut cinta darimu. Tapi kalaupun cinta itu ada buatku, maka itu adalah anugerah yang tak bisa kutolak. 

"Maksudmu, orang lain?

"Aku melihat cintamu luar biasa pada Bapak Mamak, adik-adikmu, juga Wija, anak kita." Kubenahi posisi duduk, bergeser agak menjauh lalu kuputar badan menghadapmu. "Kadang waktu kita lebih banyak untuk membahagiakan mereka."

"Apa kau keberatan?"

Aku tersenyum. Kugenggam tanganmu yang kau letakkan diatas lincak. Kau bergeming. Pandanganmu hanya sekilas menghampiri mataku. Lalu kembali menjerat hamparan lautan yang memangku kapal nelayan di dermaga.

"Sama sekali tidak. Kita ini ada karena mereka. Aku tak mau menjadi perampas kebahagiaan mereka, meski aku telah memilikimu."

Suasana lengang. Beberapa saat kemudian pemilik kedai menyodorkan segelas kopi pesanan kita. Lalu semangkuk mie rebus yang kemudian kuserahkan padamu. Menyusul semangkuk lagi untukku. 

Denganmu di suatu pagi di dermaga memberiku waktu memilikimu seutuhnya.

Gunungkidul, Agustus 2017
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon