Cara Membuat Blog Powerfull Gratis Tanpa Coding

Sumber Gambar: marketingcloud.com

Cara Membuat Blog Powerfull Gratis Tanpa Coding - Punya mimpi jadi blogger jangan tanggung. Pilih kendaraan juga jangan asal. Blogger tangguh tentu pilih blog powerfull sebagai kendaraannya. Karena jagad blogging tak pandang bulu, tentang siapa mengendarai apa. Hanya blogger kreatif dengan kendaraan blog powerfull saja yang punya peluang sukses paling banyak.


"Ingat, kuncinya KREATIF dan BLOG POWERFULL."

Kreatif jelas milik perseorangan dan tak banyak turut campur dari tangan orang lain. Kecuali kerja tim. Kreatif menurut saya tergantung pada keberanian kita menunjukkan karya cipta yang beda, melaui proses yang tidak biasa. Dalam hal ini butuh pola pikir yang mampu keluar dari comfort zone. Selain itu harus dibarengi proses belajar dan aksi yang nyata. Bukan hanya sekadar konsep di kepala.

Kaitan sama jagad blogging apa, Boz?

Jagad blogging adalah salah satu buminya penggila teknologi dan informasi. Kita sama-sama tahu bahwa perkembangan teknologi dan informasi berjalan begitu cepat. Bukti sederhananya adalah aplikasi android. Sering sekali kita temui beberapa bulan sekali ada pembaruan aplikasi alias update. Setiap pembaruan ini selalu ada perbaikan sistem atau penambahan fitur terbaru. Hal ini dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan pengguna. Belum lagi dalam bidang teknologi lainnya.

Terkait penyebaran berita pun mengalami transformasi yang luar biasa. Berita aneh-aneh di era medsos seperti sekarang ini bisa menyebar cepat hanya dalam hitungan menit, bahkan detik. Semua itu tak lepas dari peran teknologi informasi yang semakin berkembang.

Termasuk perkembangan blog yang menyajikan niche dengan berbagai macam kreatifitas ide. Namun tentu saja sebuah blog yang powerfull memiliki nilai lebih dibandingkan yang lain.

Saya belum menemukan referensi terkait definisi atau kriteria blog yang powerfull. Jika dihubungkan dengan makna kata powerfull, maka bisa jadi yang dimaksud powerfull disini adalah memiliki nilai lebih alias punya kekuatan yang memadai untuk menjalankan fungsinya secara maksimal. Sudah pasti pembandingnya adalah blog yang sejenis. Jangan bandingkan blog personal dengan website ecommerce. Tentu saja beda tujuan juga beda fungsi.

Menariknya di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, membuat blog powerfull bisa dilakukan dengan gratis. Alias tanpa biaya, bahkan tanpa keahlian coding. Hahay...

Kuncinya ada pada content management system (CMS) sebagai alat bantu membuat blog atau website yang powerfull. Bahkan saya yang modal nekad akhirnya jadi juga bikin blog tinulis.com. Nah, saya rasa kalian pun juga pasti mampu membuat blog powerfull. Pakai cara sederhana berikut:

1. Siapkan Domain dan Hosting

Domain dan hosting merupakan salah satu komponen yanga harus ada ketika kita membuat blog atau website. Mengenai pengertiannya jelas sudah banyak referensi yang menjabarkan dan bisa kita baca. Intinya tanpa domain dan hosting, sebuah blog tidak akan pernah ada.

Ada dua pilihan, hosting gratisan atau berbayar. Gratisan yang sudah terkenal semacam blogspot, wordpress, dll. Kalau berbayar, artinya kita harus mengeluarkan duit untuk membayar sewa selama periode tertentu. Bisa sebulan, tahunan bahkan lebih. Seperti kita menyewa tempat tinggal untuk hinggap blog yang akan kita buat.

Membuat blog powerfull menggunakan hosting gratisan, saya rekomendasikan pakai wordpress.com. Buat akun disana, kemudian buat blog kalian. In syaa allah tidak sampai 15 menit jadi.

Ada juga hosting gratisan dari beberapa penyedia hosting lokal. Asyik sih, tapi tidak saya rekomendasikan. Saya pernah nyoba dan hasilnya kecewa. Haha...

2. Install CMS Wordpress Melalui Softacullous di CPanel

Cara kedua ini hanya bisa dilakukan jika kalian memilih hosting berbayar. Tapi sebaiknya kalian pastikan terlebih dulu sebelum menyewa hosting perihal fasilitas yang akan didapat. Pastikan ada fasilitas untuk bisa akses CPanel dan dilengkapi software softacullous.

Setelah log in di CPanel, kalian akan bisa mengontrol setting blog melalui menu dashboard. Mulai dari install CMS, mengakses data PHP, manajemen file, install blog secara manual, melihat statistik blog, dll. Semua pengaturan bisa di akses melalui CPanel.

Setelah membuka aplikasi softacullous, kalian akan dihadapkan pada beberapa pilihan CMS. Ada kategori blog, micro blogging, ecommerce, dll. Pilih saja kategori blog, karena kita akan menginstall CMS wordpress untuk blog.

Pilih wordpress kemudian install. Ikuti petunjuk dan isikan informasi yang diminta dalam kolom isian yang tersedia. Setelah instalasi wordpress ini selesai, kalian sudah memiliki blog. Tinggal melakukan setting dan penataan melalui dashboard wordpress.

Akan semakin OK jika kalian menggunakan theme premium. Search di google saja theme wordpress yang powerfull, download kemudian pasang ke blog kalian. Ada banyak pilihan theme yang menarik dan sesuai dengan keinginan kita. Silakan di coba. Kalaupun ingin theme yang gratisan juga banyak yang bagus. Sebagian besar juga sudah cukup untuk membangun sebuah blog yang powerfull.

3. Pasang Plugin Sesuai Kebutuhan

Wordpress adalah salah satu CMS favorit saya. Mungkin juga favorit para blogger lainnya. Karena wordpres memiliki ribuan pilihan plugin yang akan menunjang tampilan dan fungsi blog kita.

Bahkan CMS wordpress memiliki plugin ecommerce yang memungkinkan blog kita terintegrasi dengan sistem untuk membangun toko online. Asyik.

Tidak semua blog harus dipasang plugin ecommerce. Sesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya cukup dengan beberapa plugin saja. Saya pernah coba pasang berbagai macam plugin di tinulis.com. Seperti BBpress, form maker, jetpack, all in one SEO, download manager, woocommerce, dll. Pada akhirnya saya hnya menggunakan beberapa saja sesuai kebutuhan blog. Terlalu banyak plugin ternyata tidak berpengaruh banyak pada performance blog.

4. Daftarkan Blog ke Google Websmaster

Jika selama ini blog kalian susah ditemukan atau tidak muncul di google, barangkali masalahnya blog kalian belum terdaftar di googlewebmaster. Ini juga penting buat eksistensi blog kalian di halaman search engine google.

5. Hubungkan dengan Google Analitycs

Layaknya kinerja sebuah mesin atau organisasi, performance blog pun butuh analisis dan monitoring. Selain untuk mengetahui seberapa populer dimata pengunjung, dengan google analitycs kita bisa tahu dari mana sumber pengunjung, berapa lama waktu kunjungan, diakses melalui pc atau android, dan manfaat-manfaat lainnya.

Nah, dengan berbekal lima langkah diatas kita bisa membuat blog prowerfull gratis tanpa coding. Semua yang kita butuhkan in syaa allah sudah tersedia. Sudah disiapkan oleh wordpress dan juga google. So, tunggu apalagi?

Oleh: Seno Ners

Salam blogger kreatif
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon