Bawa Pulang Tuna 9 Kilo Cuma Bayar 150 Ribu

Ikan Tuna di pelabuhan ikan Sadeng

Saya rasa tempat yang paling tepat untuk membeli ikan adalah di pelabuhan. Selain kondisi ikannya masih segar, harganya juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga di pasar. Seperti pengalaman kami di hari minggu (20/8) kemarin ketika membeli ikan di pelabuhan Sadeng, Gunungkidul.

Kebetulan jaraknya tidak begitu jauh dari tempat tinggal kami. Kurang lebih perlu 30 menit perjalanan menggunakan motor untuk menempuh perjalanan dari Rongkop ke Pantai Sadeng. 

Begitu sampai di Sadeng, kami menikmati suasana pantai sejenak. Kebetulan cuaca belum terlalu panas karena masih pagi. Kami memesan kopi di warung pinggir pantai sambil menunggu para nelayan menurunkan ikan hasil tangkapannya.

Begitu ikan-ikan diturunkan di tempat pelelangan ikan, kami sudah bisa mulai memesan ikan. Tentu saja harganya istimewa. Berbeda dengan harga ikan di pasar.

Waktu itu kami beli ikan tuna dengan harga Rp. 20.000 perkilogram. Kami beli 7 kilogram dan seharusnya membayar Rp. 140.000. Kebetulan karena uang kami Rp. 150.000 maka kami minta nggak usah kasih kembalian. Ditukar ikan saja.

Waktu itu si penjual ikan memang sudah memberikan bonus ikan. Sehingga kami beli 7 kilogram, tapi dapatnya lebih dari itu. Ditambah lagi bonusannya karena kami tidak memunta kembalian yang 10.000.

Begitu dibungkus, total bobot ikan yang kami bawa pulang hampir 9 kilogram. Lumayan... Karena kami 2 jenis ikan tuna, 5 kilogram tuna ukuran kecil dan 2 kilogram ukuran besar. Sehingga bisa dapet 2 kali bonus ikan.

Ketika beli ikan tuna kecil 5 kilogram dikasih bonus, pas beli yang besar juga dapet bonus. Ditambah lagi setengah kilogram dari sisa uang kembalian yang ditukar dengan ikan. Mantab... Rejeki anak sholeh nie.

Alhamdulillah... Malamnya ikan-ikan itu kami masak untuk jamuan acara perayaan HUT Kemerdekaan RI di kampung kami. 

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon