Apa Enaknya Jadi Blogger?

Sumber Gambar: pixelid.info

Apa Enaknya Jadi Blogger? - Jawaban mudahnya dari pertanyaan "apa enaknya jadi blogger?" adalah ketik saja "kisah blogger sukses" di google, maka mata siapa pun akan terbelalak melihat angka rupiah yang masuk ke rekening mereka. Rekening para blogger yang mulai bisa merasakan enaknya jadi blogger.

Memang tidak semua blogger berorientasi pada uang ketika pertama kali memulai terjun di dunia blogging. Seringkali mereka cenderung memiliki alasan personal yang kuat demi memperjuangkan idealisme atau hanya sekadar bersenang-senang. Namun pada akhirnya kepopuleran blog milik mereka membawa pada satu titik yang ternyata bisa meraup keuntungan materiil yang fantastis hanya dari blog.

Hingga pada akhirnya motivasi awal yang meletakkan blogging hanya sebagai kegiatan bersenang-senang menjadi hal yang sangat menyenangkan. Bahkan kesenangan itu menjadi reward yang setimpal bagi usaha seseorang memperjuangkan idealisme melalui blogging.

Mari kita berkaca pada salah satu blogger yang bernama Linda Ikeji. Seorang blogger asal Nigeria yang bisa meraup milyaran rupiah perbulan hanya dari platform blog gratisan. W.O.W.

Pada awalnya saya hanya iseng nyari informasi tentang kisah blogger sukses via google. Ketika saya ketikkan "kisah blogger sukses" di google kemudian saya enter, ternyata banyak sekali referensi yang bisa saya baca. Menariknya lagi kesuksesan para blogger tersebut tidak hanya di angka nominal ribuan, tapi penghasilan mereka bisa mencapai jutaan, ratusan juta, bahkan milyaran rupiah perbulan. Itu dari sisi nominal keuangan. Lalu bagaimana dengan kepuasan batin mereka? Hhmmm... Hanya mereka yang tahu, yang pasti waktu kebersamaan mereka dengan keluarga lebih banyak dibandingkan seorang karyawan teladan.

Mari kita tengok perjuangan Linda Ikeji di dunia blogging. Dari referensi yang saya baca, beliau mulai blogging sejak tahun 2003. Dengan modal pengetahuan tentang blog yang terbatas serta sepasang laptop dan modem. Hingga tahun 2007 blognya belum menghasilkan apa-apa.

Tidak ada kata menyerah, Linda meningkatkan intensitas menulisnya di blog hingga 25 artikel perhari. Nggak tanggung-tanggung bro. Hingga pada akhirnya di tahun 2010 ada yang menghubungi Linda melalui email menawarkan diri untuk memasang iklan di blognya. Inilah titik awal Linda mendulang rente dari blognya.

Para ahli di Amerika memperkirakan besar penghasilan Linda berdasarkan rangking Alexa blognya. Nominalnya mencapai lebih dari 1,2 Milyar rupiah tiap bulan. Maknyuzz.. Gaes.. Itu baru perkiraan, kemungkinan besar saat ini nominalnya bisa lebih dari itu. Karena konten blognya semakin banyak dan tentu trafiknya juga bisa lebih tinggi lagi.

Kira-kira sumber penghasilan milyaran di blog Linda dari mana saja? Tentunya dari beberapa iklan yang dipasang di blognya, termasuk iklan Google Adsense. Semakin tinggi trafik sebuah blog, semakin tinggi ranking blog, semakin besar pula peluang blog tersebut untuk meraup rupiah. Kuncinya tanamkan daya pikat blog anda terhadap perusahaan pengiklan yang bisa membuat anda kaya raya.

Wait, jangan hanya tergoda rupiahnya saja. Tentunya banyak kendala dan hambatan yang harus dihadapi selama ngeblog. Apa saja hambatan yang pernah dihadapi Linda selama menjadi blogger?

Momok bagi para blogger publisher adsense adalah akun google adsense miliknya di banned oleh google. Serasa di PHK nie. Serius. Hal ini pernah dialami oleh Linda. Akun google adsense miliknya di banned di tahun 2013. Namun di tahun 2014 google mengaktifkan kembali akun adsense milik Linda.

Lebih parah lagi masalah yang dialami Linda adalah ketika blognya sempat di hapus oleh blogger.com. Linda dilaporkan melakukan plagiarisme atau menjiplak konten website lainnya. Namun Linda menyangkal tuduhan ini, dan usaha banding yang dilakukan Linda membuahkan hasil. Blog miliknya aktif kembali. Masih menggunakan blog dengan platform gratisan lindaikeji.blogspot.com, dan sekarang sudah menjadi www.lindaikejisblog.com.

Nah, apa enaknya jadi blogger? Tentunya kawan-kawan sudah punya jawaban atas pertanyaan itu.

Ada beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari berkaca pada perjalanan blogging sang aktivis sosial, Linda Ikeji. Antara lain: butuh waktu dan konsistensi untuk sukses menjadi blogger. Artinya menjadi blogger sukses itu tidak bisa diraih dengan hasil instan. Butuh proses dan kerja keras.

Pelajaran lainnya adalah daya pikat blog yang kita miliki terhadap perusahaan pengiklan. Hal ini bisa ditempuh melalui jalan peningkatan trafik dan peringkat blog kita di google dan alexa rank. Apakah ini artinya tampilan blog tidak penting? Nggak gitu juga kali. Tampilan blog juga penting. Bisa jadi tampilan blog yang menarik bisa memikat pengunjung dan lemudian menaikkan trafik blog kita.

So, demikian coretan singkat dari saya. Semoga ada manfaat yang bisa diambil.

Salam blogger kreatif.


Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon