7 Resep Jatuh Cinta

Resep Jatuh Cinta
7 resep jatuh cinta - Tidak perlu sekolah tinggi-tinggi untuk bisa jatuh cinta. Selama naluri yang kita punya masih berfungsi dengan baik, perkara jatuh cinta akan tiba dengan sendirinya. Namun, masalahnya tidak semua orang memiliki pondasi yang kuat dalam cinta. Hingga seringkali putus asa dan tergoda mencoba membangun cinta dengan kekasih lainnya. Lantas jatuh cinta hanya menjadi ritual yang tak ada harganya.

Lihat saja bagaimana kehidupan beberapa artis yang gemar pacaran, nikah, cerai, lalu nikah lagi. Memang tidak semua artis gaya hidupnya seperti itu. Saya hanya mencuplik salah satunya saja untuk kita renungkan bersama.

Apa kurangnya diri seorang artis? Mereka punya fisik sempurna, punya popularitas, harta melimpah, dan kelebihan-kelebihan lainnya dibandingkan dengan kehidupan kita. Seharusnya pondasi cinta dalam diri mereka lebih kuat jika dipikir secara nalar. Ibaratnya mereka punya semua kriteria yang diimpikan oleh orang-orang.

Sering kita dengar seseorang memimpikan kekasih yang cantik, ganteng, tajir, populer, dan lain sebagainya. Tapi kenapa ketika semua kriteria itu saling dimiliki tetap saja tidak bisa menjamin kelanggengan hubungan cinta diantara mereka?

Nah, mari kita renungkan bersama. Barangkali 7 resep jatuh cinta berikut ini bisa jadi solusi untuk menjaga kelanggengan hubungan cinta. Apa saja resepnya?

1. Memahami sifat dan perilakunya

Pertama yang harus kita lakukan adalah memahami sifat dan perilaku orang yang kita cintai. Terutama hal-hal yang bisa membuatnya senang, hal yang dia benci, caranya mengungkapkan kesenangan, caranya melampiaskan ketidaksukaan, caranya bergaul dengan orang lain, dan lain sebagainya. Semakin banyak hal yang kita tahu mengenai sifat dan perilakunya, semakin baik untuk bisa memahaminya.

Ketika kita bisa memahami sifat dan perilakunya dengan baik, maka kita akan lebih mudah dalam menjaga hubungan. Lebih mudah mengendalikan diri agar tidak melakukan hal yang dia benci. Lebih mudah merencanakan kejutan untuk menyenangkan hatinya. Kita juga akan lebih mudah mencari solusi ketika terjadi masalah yang mengancam hubungan cinta.

2. Menerima kekurangan dan kelemahannya

Menerima kekurangan dan kelemahan adalah hal yang tidak mudah dilakukan. Kebanyakan orang lebih fokus pada kelebihan dan keuntungan dari sebuah hubungan cinta. Sehingga ketika ada masalah seringkali terlontar, "kamu sudah berubah sekarang, beda dengan kamu yang dulu."

Padahal jika dipetakan mungkin proporsi kekurangan itu hanya sebagian kecil saja dari kesenangan yang selama ini dirasakan. Bukankah hal yang wajar jika ada ketidaksempurnaan dalam diri kita? Karena sejatinya manusia bukan makhluk yang sempurna.

3. Mengenang saat-saat membahagiakan bersamanya

Apalagi yang bisa bikin kita melayang selain kenangan indah bersama orang yang kita sayang? Narakoba? Jiahahaha... Itu mah kata Bang Haji haram, vroh. Mendingan bernostalgia dengan masa-masa indah bersama kekasih. Eeaaaa....

Kenangan yang membahagiakan akan membangkitkan energi positif dalam diri kita. Menguatkan hati dan semangat kita untuk memelihara perasaan bahagia yang tercipta. Semakin sering mengenangnya, semakin pekat asmara yang menguar di dada.

4. Jangan ungkit masa lalunya

Gaes, masa lalu tidak bisa diulang. Hanya dalam film saja muncul mesin waktu untuk bisa kembali ke masa lalu. Apa yang sudah seseorang lakukan di masa yang dulu, menjadi kenangan di masa sekarang. Kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi, menuntut penyesalan saat ini. Apa yang didapat saat ini adalah hasil dari proses yang telah dilewati selama ini. 

Setiap orang punya potongan masa lalu yang dia pendam. Berharap tak seorangpun mengungkitnya. Bisa jadi karena terlalu sakit untuk dikenang, bisa juga karena terlalu memalukan. Mengungkit masa-masa itu hanya akan menambah panjang beban pikiran tentang penyesalan. Hingga kemudian dihantui keresahan.

5. Abaikan gosip miring tentangnya

Seharusnya kita lebih percaya orang yang kita sayangi daripada omongan orang yang belum jelas motifnya. Berusaha mendengarkan penjelasan dari dia ketika suatu masalah tengah terjadi. Termasuk ketika gosip miring melanda. Bukankah kejujuran akan terlihat dari mata dia? Bukan dari mata tetangga.

6. Yakin bisa bahagia bersamanya

Keyakinan untuk bahagia adalah pondasi utama untuk jatuh cinta. Apa yang kita yakini biasanya akan membuat kita mati-matian mempertahankan atau meraihnya. Meyakini bisa bahagia bersamanya akan membuat kita fight untuk terus bersamanya. Jadi, jangan ada keraguan untuk bahagia.

7. Buka hati hanya untuknya

Jangan coba-coba mendua. Cukup seorang saja yang benar-benar layak mengisi ruang dalam hati. Ini akan membuat kita fokus dalam mencintai. 

Membuka hati adalah memberi ruang untuk menerimanya dalam kehidupan kita, mengijinkan dia untuk mengenal lebih jauh diri kita, dan memberi kesempatan mengikat komitmen hidup bersamanya. So, siapa yang sudah kau biarkan menghuni hatimu? Iya, kamu.... Eeaaaa!....

Nah, itulah resep jatuh cinta yang mungkin bisa kalian coba. Resep ini pula yang saya terapkan untuk menjaga cinta saya kepada istri dan keluarga saya. Ya, mungkin belum sempurna, tapi saya selalu berusaha. Setidaknya sampai saat ini kami baik-baik saja.

Semoga bermanfaat, dan jangan takut jatuh cinta.

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon