Resensi Buku Road To Jannah

Sumber Gambar: Akun Facebook Genta Hidayah

Resensi Buku Road To Jannah - Surga atau neraka? Dengan mudah kita akan menjawab “surge” atas pertanyaan tersebut. Kalaupun dilakukan survey, saya yakin sebagian besar orang akan memilih surga sebagai pilihannya. Tak lain karena sejak kecil sudah mendengar bahwa surga adalah tempat yang menyenangkan. Sebuah tempat yang disiapkan buat orang-orang yang selama hidupnya berbuat baik. Sedangkan neraka, sebagaimana yang diajarkan oleh guru kita bahwa disanalah tempat yang penuh siksaan sebagai balasan atas dosa-dosa.

Yang sering dilupakan adalah esensi dari pilihan tersebut. Sudah memilih surga, tapi apakah sikap yang selama ini ditunjukkan sudah mencerminkan sikap para penghuni surga? Apakah ibadahnya sudah sesuai dengan ibadah para penghuni surga? Pertanyaan ini perlu kita renungkan bersama.

Tahukah kalian siapa orang yang bangkrut?” Para sahabat pun menjawab, “Orang yang bangkrut adalah orang yang tidak memiliki uang dirham maupun harta benda.” Beliau menimpali, “sesungguhnya orang yang bangkrut dikalangan umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat, tetapi ia juga datang dengan membawa dosa berupa perbuatan mecela, menuduh, memakan harta, menumpahkan darah, dan memukul orang lain. Kelak kebaikan-kebaikannya akan diberikan kepada orang yang terzalimi. Apabila amalan kebaikannya sudah habis diberikan sementara belum selesai pembalasan tindak kezalimannya, maka diambillah dosa-dosa orang yang terzalimi itu, lalu diberikan kepadanya. Kemudian dia pun dicampakkan ke dalam neraka.” (HR Muslim)

Hadits diatas menegaskan bahwa bukan hanya pahala shalat, puasa, dan zakat yang akan membuat seseorang masuk surga, tapi juga akhlak dan perbuatan. Jika di dunia masih sering melakukan kezaliman, maka jangan banyak berharap masuk surga. Kezaliman-kezaliman itu kelak akan mengurangi timbangan amal di akhirat. Bahkan seseorang bisa mendapat limpahan dosa orang yang terzalimi jika timbangan amalan tak seimbang dengan perbuatan zalim yang telah dilakukan. Naudzubillah mindzalik.

Allah menjanjikan surga bagi orang-orang mukmin, itu benar. Tercatat dalam QS At-Taubah [9]: 72. Allah menyediakan surga lengkap dengan segala keindahan dan kesenangan yang tak terbayang kadarnya. Bahkan kekal berada di dalamnya, bi’idznillah. Apabila ditakar, sungguh kenikmatan di dunia ini tidak ada apa-apanya disbanding kenikmatan di surga.

Keindahan taman-taman surga, sungai-sungai yang mengalir di dalamnya, para bidadari yang cantik jelita, semuanya disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. Kenikmatan di surga yang lebih dahsyat lagi adalah bisa berjumpa dengan Allah Swt. dan melihat wajahnya secara langsung. Inilah kenikmatan tertinggi di surga yang selayaknya kita rindukan dan menjadikannya cita-cita tertinggi kita.

Tentu syaratnya tidak mudah. Kita harus bekerja keras untuk berlomba-lomba mendapatkan ampunan dan berada di barisan orang-orang yang bertakwa. Meluruskan niat kita, memaksimalkan ibadah, memperbaiki akhlak, dan istiqomah terhadapnya.

Untuk mencapainya kita bisa bercermin dan meneladani Rasulullah dan para sahabat yang dijamin masuk surga. Selain itu kita juga harus mengenal hal-hal yang menghalangi masuk surga, lalu berusaha menerapkan langkah-langkah menuju surga. Semua bahasan tentang surga secara detail dijabarkan oleh Mas Robi Afrizan dalam buku Road To Jannah.

Saya sangat merekomendasikan buku Road To Jannah untuk dibaca. Terutama bagi kita kaum muslimin untuk merefresh kembali pemahaman tentang surga dan cara meraihnya. Di sukung dengan lay out yang menarik membuat setiap pembaca selalu rindu untuk menjelajahi ilmu dalam setiap lembar buku ini.
 
Buku-buku Genta Hidayah yang beredar di toko buku Gramedia
Semoga resensi buku Road To Jannah ini bisa memberikan gambaran buat kita yang berminat mencari buku islami berkualitas. Saya sangat suka buku terbitan Genta Hidayah karena pembahasan isinya yang detail dan desain bukunya yang menarik. Tentu sangat memotivasi saya untuk terus mengkaji ilmu agama melalui jalan membaca.

Judul: Road To Jannah
Penulis: Robi Afrizan Saputra
Penerbit: Genta Hidayah
Tahun Terbit: April 2017
ISBN: 978-602-6359-27-8
Jumlah Halaman: X + 254 halaman

Ukuran: 150 x 230 mm
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon