Pekerjaan Saya Cuma Cari Musuh

Sumber Gambar: maxmanroe.com

Pekerjaan Saya Cuma Cari Musuh - Ini serius. Dari awal saya mengajukan diri untuk menempati jabatan baru, saya sudah tahu bakalan banyak karyawan yang memusuhi saya. Bakalan banyak kejelekan-kejelekan yang terungkap akibat dari pekerjaan saya. Termasuk kejelekan pimpinan, manajer, juga sahabat-sahabat rekan kerja saya. Tapi show must go on. Saya tetap menawarkan diri untuk menempati jabatan itu.

Setelah menjalani fit and proper test, akhirnya saya diterima. Sebenarnya bukan hanya karena kompetensi, tapi karena saya satu-satunya yang mau nempati jabatan itu. Sehingga hampir tidak sulit untuk bisa duduk di jabatan tersebut.

Motivasi sih sederhana, saya ingin belajar bagaimana melakukan riset yang benar. Karena pada masa-masa itu saya sedang getol-getolnya belajar menulis. Memang kedengarannya nggak nyambung. Belajar menulis dan melakukan riset melalui sebuah jabatan pekerjaan.
 
Sumber Gambar: blog.kaseya.com

Di tempat kerja saya, jabatan Satuan Pemeriksaan Internal (SPI) adalah sebuah jabatan layaknya KPK yang berperan sebagai auditor. Bertugas menemukan masalah dan membuktikan dugaan ketidakwajaran yang terjadi di sebuah perusahaan. Focus dari pekerjaan SPI adalah melakukan audit, penelitian, dan pemantauan terhadap pelaksanaan rekomendasi hasil audit. Keren kan?

Bayangan saya ketika saya masuk sebagai staf SPI, saya akan lebih sering menggunalan otak saya untuk berpikir, melakukan telaah, dan merumuskan solusi atas permasalahan yang terjadi. Dengan pressure harus melakukan amanah pekerjaan, saya pikir akan bisa mengatasi kelemahan-kelemahan dalam diri saya. Terutama dalam melakukan telaah atas suatu permasalahan.

Dengan kemampuan berpikir yang seperti ini saya rasa akan memudahkan saya dalam menjalani hobi saya sebagai penulis. Sekarang sih mungkin saya belum layak disebut sebagai penulis, tapi tidak masalah karena saya hanya ingin berkarya melalui tulisan.

Ada pelajaran menarik yang saya dapatkan dari pengalaman bekerja menjadi staf SPI, antara lain:

1. Jadi karyawan gak boleh baper. Berdebat urusan kerjaan silakan, di luar kerjaan tetap jadi sodara.

2. Jadi penilai gak boleh menggunakan standar personal sebagai acuan, tapi gunakan standar penilaian yang berlaku.

3. Setinggi apapun jabatan, inovasi dan kreativitas bawahan (rekan kerja) tetap diperlukan.

Memang benar pekerjaan seorang staf SPI itu mencari musuh. Musuh dalam arti masalah bagi perusahaan yang bisa mengancam kelangsungan operasional perusahaan. Masalah yang apabila tidak ditemukan, dianalisis, dan ditemukan solusinya bisa menimbulkan dampak buruk bagi perusahaan.


Jadi, apa yang dikatakan orang atau karyawan tentang pekerjaan saya sebagai SPI adalah mencari musuh, itu tidak perlu disangkal. Kecuali jika mereka mengartikan musuh dalam hal ini adalah rekan kerja atau perseorangan, maka sangat disayangkan sekali. Karena sejatinya SPI ada untuk membantu mereka menemukan masalah di unit kerja dan membantu menemukan formulasi system kerja yang ideal. 
Previous
Next Post »

5 blogger-disqus

Click here for blogger-disqus
Vindy Putri
admin
25/07/2017, 14:38 ×

Iya juga ya.. auditor itu pasti banyak yang kurang suka. Soalnya tugasnya meneliti sampe detail-detailnya. Hm.. kasarannya cari kesalahan sekecik apapun hehe...
Tetap amanah ya...

Reply
avatar
infolaku.com
admin
25/07/2017, 14:59 ×

Kalau audit memang paling dimalesin orang gan.
Tempat ane kerja juga, kalau audit dah masuk, pusing juga ane gan. Males ditanya ini itu, berkas diobrak abrik.
Hahaha

*curhat :D

Reply
avatar
Eko Suseno
admin
25/07/2017, 15:07 ×

contoh yang paling nyata KPK bu, hehe... ngeri kan ancaman dan cobaannya.

tapi yang namanya kerjaan ya harus dijalankan.

Reply
avatar
Eko Suseno
admin
25/07/2017, 15:08 ×

haha... dulu waktu saya jadi manajer juga ngerasaan hal seperti itu. trus mikir-mikir, kayaknya enakan jadi auditor daripada jadi orang yang di audit. wkwkwk...

Reply
avatar
25/07/2017, 15:44 ×

saya sih gak gitu kakak :D
jarang ngobrol malah :(

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon