Inspirasi Chester Bennington Linkin Park yang Meninggal Bunuh Diri

Inspirasi Chester Bennington Linkin Park yang Meninggal Bunuh DiriMeninggal karena sebab bunuh diri selalu meninggalkan kesan yang sangat buruk di mata orang. Apapun alasannya, bunuh diri tetap saja menjadi jalan kematian yang sama sekali tidak bisa dibenarkan. Meskipun dilakukan oleh seorang tokoh terkenal seperti Chester Bennington vokalis band Linkin Park.

Sumber Gambar: variety.com

Namun, bukan berarti tidak ada nilai positif yang bisa kita pelajari dari tragedy itu. Ada hal-hal yang apabila kita cermati dari latar belakang kehidupan mereka bisa mendatangkan inspirasi.

Saya tahu nama Chester Bennington sejak band Linkin Park mengeluarkan album pertama di tahun 2000. Sejak lagunya yang berjudul Crawling beredar, saya berburu ke penjual kaset di wilayah Jogja Jawa Tengah untuk mendapatkan albumnya. Sejak saat itu saya selalu mengoleksi kaset album linkin park. Sampai-sampai hafal beberapa lirik lagunya.

Setelah saya menikah tahun 2010, saya mulai jarang mengikuti trend music barat. Tapi saya masih suka mendengarkan lagu-lagu linkin park dan lagu band System Of A Down. Entahlah, lagu-lagu dari kedua grup band itu rasanya selalu bisa membangkitkan motivasi dalam diri saya. Saya sering memutarnya di saat-saat mood sedang buruk.

Betapa kagetnya saya ketika hari ini (21 Juli 2017) mendengar Chester Bennington meninggal bunuh diri. Seperti nggak percaya akan kabar tersebut. Saya lalu mencari informasi kebenaran berita itu di google. Dan ternyata berita itu benar.

Saya lalu mencoba mengenal lebih dalam tentang sosok Chester Bennington. Mencari referensi dari berbagai media, salah satunya dari Wikipedia. Awalnya saya hanya menyukai karya lagu-lagunya Linkin Park. Namun, setelah membaca latar belakang hidup Chester Bennington saya merasa terinspirasi dari perjuangannya.

Chester Bennington Korban Broken Home

Chester Bennington lahir dari pasangan seorang Ayah yang berprofesi sebagai detektif dan seorang ibu berprofesi perawat. Namun, cita-cita Chester sejak kecil adalah menjadi vokalis grup band Stone Temple Pilots. Dia tertarik di bidang music sejak kecil.

Orang tuanya bercerai di tahun 1980 yang kemudian membuatnya depresi dan menjadi pecandu alcohol dan obat-obatan terlarang. Dia pernah juga menjadi korban bullying karena postur tubuhnya yang kurus. Bahkan lebih parah lagi, dia pernah menjadi korban pelecehan seksual oleh temannya sendiri. Tentu saja masih ditambah lagi masalah di internal keluarganya.

Chester menyembunyikan masalah-masalah yang dia alami. Untuk mengatasi rasa frustrasi, Chester Bennington mulai menulis lagu. Dia juga mulai memberanikan diri menceritakan masalah yang dia hadapi kepada ayahnya. Termasuk kasus pelecehan seksual yang diterimanya.

Di usia 17 tahun Chester Bennington tinggal bersama ibunya. Dia kemudian bekerja di restoran cepat saji, Burger King sebelum memulai karir sebagai musisi professional. Chester terus berusaha mengejar cita-citanya. Mengejar impian menjadi musisi terkenal.

Karir Chester Bennington Meroket Bersama Linkin Park
 
Sumber Gambar: theriffrepeater.com
Linkin Park bukanlah band pertama yang dijajal Chester Bennington. Sebelumnya dia pernah gabung di drup band Grey Daze. Sempat mengeluarkan 3 album sebelum akhirnya bubar di tahun 1998. Chester mencoba mencari band baru.

Hingga kemudian Chester Bennington sukses menjalani audisi vokalis band baru. Sebuah grup band yang kemudian berubah nama menjadi Linkin Park. Disinilah Chester Bennington bertemu dengan Mike Shinoda berkolaborasi vocal dan menggebrak industry music dunia. Meskipun sebelumnya sempat mendapat penolakan dari beberapa label music.

Kematian dan Kesetiakawanan

Entah ini konyol atau bukan, beberapa media menyebutkan bahwa kematian Chester Bennington diduga ada kaitannya dengan kematian sahabatnya, Chriss Cornell. Lantaran tanggal kematian Chester yang bertepatan dengan tanggal lahir Chriss. Tentu saja dengan menghubungkan kedekatan antara Chester dan Chriss selama ini.

Bisa jadi kepergian Chester Bennington memang ada kaitannya dengan rasa kesetiakawanan. Namun, hal ini belum bisa dibuktikan oleh data-data. Tidak ada yang tahu mengenai kebenaran dugaan ini selain Chester sendiri.

Inspirasi Chester Bennington Linkin Park yang Meninggal Bunuh Diri

Bukan bunuh dirinya yang kita jadikan inspirasi, bukan pula perilaku buruknya. Kita bisa terinspirasi dari perjuangannya meraih impian. Mungkin masalah yang kita hadapi selama ini tidak seberat yang dialami Chester Bennington. Kalau seorang Chester saja mampu meraih cita-citanya, kenapa kita tidak?

Satu hal yang belum saya temukan dari latar belakang kehidupan Chester Bennington, yaitu tentang religiusitasnya. Saya yakin andaikan dia mengenal Tuhannya dengan baik, tentu dia bisa menyikapi permasalahan  hidupnya dengan baik. Sayang sekali kita tidak bisa terinspirasi dari sisi religiusitasnya Chester Bennington. Namun, kita bisa tanamkan dalam diri kita bahwa Allah selalu ada bersama kita. Apapun masalah yang kita hadapi kembalilah ke Allah. Minta solusi dan pertolongan ke Allah. Agar kita tidak larut dan hanyut hingga tergoda untuk melakukan tindakan konyol, bunuh diri.


Previous
Next Post »

5 blogger-disqus

Click here for blogger-disqus
Ka Ha
admin
21/07/2017, 16:46 ×

Chester meninggalkan keenam anaknya, kebayang pas dekat tali yang mengakhiri nyawanya lagu itu mengalun pelan.. "Im become so numb, i cant feel you there.."

Dan saya pikir, tidak ada yang bisa menggantikan posisinya di Linkin Park. :(

Reply
avatar
Eko Suseno
admin
22/07/2017, 07:55 ×

baca biografinya di wikipedia lebih ngeri lagi. kisahnya dari kecil kayak gambaran film box office.

susah nemuin karakter vokal kayak dia. entahlah gimana besok nasib linkin park.

Reply
avatar
22/07/2017, 16:12 ×

Gaada Chester Linkin Park tetaplah Linkin Park, tapi mungkin gaakan sebagus dulu suara vokalnya :'(

Reply
avatar
Eko Suseno
admin
24/07/2017, 08:01 ×

iya mas, semoga aja bisa tetap mempertahankan eksistensinya

Reply
avatar
adi pradana
admin
24/07/2017, 13:13 ×

Salam kenal mas, kita memiliki tempat tinggal yang sama, di Jogja. Dan kerja di RS juga. Tentang Chester Bennington, semoga dapat diambil hikmahnya ya

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon