Cara Menghilangkan Galau Dalam Diri Bloger Labil

Sumber Gambar: iniblogger.com

Cara Menghilangkan Galau Dalam Diri Bloger Labil - Galau pasti terjadi, pasti akan dirasakan oleh seseorang yang memang diciptakan memiliki akal pikiran. Manusia menjadi makhluk paling mulia dengan dikaruniakan-Nya akal pikiran. Namun, Allah membatasi kemampuan akal pikiran tersebut dengan ketidaktahuan tentang hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Keterbatasan inilah yang kemudian memunculkan keraguan dalam menentukan sikap untuk menghadapi suatu masalah, yang bahasa gaulnya dikenal dengan istilah GALAU.

Tidak ada satupun jiwa yang mengetahui apa yang akan dia kerjakan besok.” (QS. Luqman: 34)

Perasaan galau akan sangat mudah menjangkiti seseorang yang kondisinya labil. Alias perasaan dan kejiwanya mudah berubah karena sesuatu hal yang belum jelas. Termasuk menjangkiti diri para bloger yang saat ini memnuhi dunia maya. Sangat mudah untuk mengenali ciri-ciri bloger yang masih labil. Silakan kita introspeksi diri kita masing-masing, apakah kita salah satu diantaranya.

Ciri-ciri bloger labil antara lain (diadaptasi dari Wikipedia):
  1. Tidak memiliki tujuan ngeblog yang jelas, mungkin juga berakar dari ketidakjelasan tujuan hidupnya.
  2. Berpikir bahwa ngeblog adalah jalan satu-satunya meraup kekayaan untuk mendapatkan kebahagiaan.
  3. Merasa dirinya penuh kekurangan dan keterbatasan, tidak mampu mengelola blog dengan baik.
  4. Paling suka merendahkan bloger lain, baik dari karya tulisannya, kontennya, maupun secara personal.
  5. Tidak bersedia membuka diri untuk bergaul dengan bloger lain atau komunitas.
  6. Tidak mudah menerima kritik dan masukan dari orang lain.
  7. Tidak memiliki keyakinan atau landasan spiritual dalam menjalankan aktifitas blogging.


Cara Menghilangkan Galau

Ketika kita (bloger) mendapati ciri-ciri itu ada dalam diri kita, maka segera benahi diri kita. Renungi kembali, sebenarnya apa yang kita butuhkan dalam hidup ini. Renungkan apa yang kita perjuangkan dalam menjalani kegiatan blogging selama ini. Memperjuangkan apa yang kita butuhkan tentu lebih baik daripada memperjuangkan apa yang kita inginkan. Ini hanya langkah awal untuk mengetahui seperti apa posisi kita saat ini.

Jangan-jangan saat ini kita lebih focus mengejar obsesi duniawi ketimbang mempersiapkan diri sebaik-baiknya menghadapi kematian. Apapun profesi kita, dokter, insinyur, penulis, atau seorang bloger, tidak memiliki kemampuan menghentikan kematian. Kita mampu mengejar cita-cita, bahkan menumpuk harta setinggi-tingginya, tapi tidak mampu menunda datangnya kematian. Jadi, focus pada apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.

Jika manusia memiliki dua lembah penuh dengan harta, pasti dia akan mencari lembah harta ketiga. Tidak ada yang bisa memenuhi perut anak Adam, selain tanah”. (HR. Bukhari 6436 & Muslim 2462)

Jelas sekali dalam Hadits diatas dituliskan bahwa sekeras apapun usaha kita menumpuk harta, memenuhi isi perut kita, sungguh tidak akan ada ujungnya. Sudah punya blog, masih pengin bikin blog baru lagi. Sudah dapetin duit dari blog, masih pengin lebih banyak earning online lainnya. Sudah mampu beli rumah dari hasil online, masih pengin beli pesawat pribadi. Memang begitu sifat manusia. Hanya kematian satu-satunya yang bisa menghentikan ambisinya.

Menghilangkan Galau Dengan Menulis
 
Sumber Gambar: tekooo.com
Salah satu cara menghilangkan galau adalah menyibukkan diri dengan kegiatan positif atau yang bermanfaat. (mutiarapublic.com). Dengan menyibukkan diri dalam kegiatan yang positif, akan meminimalkan waktu luang seseorang yang biasa digunakan untuk memikirkan hal-hal yang tidak jelas atau sia-sia. Otak dan tubuh kita akan bersinergi melakukan kebaikan yang semakin memberikan energy positif. Energi yang kita perlukan untuk melawan emosi negative yang muncul dari perasaan galau yang melelahkan.

Aktifitas menulis adalah yang paling mujarab untuk menghilangkan galau. Terutama pada diri bloger labil yang mudah terpengaruh oleh trend dunia online. Kenapa menulis? Karena menulis merupakan kegiatan berupa penuangan ide/gagasan dengan kemampuan yang kompleks melalui aktivitas yang aktif produktif dalam bentuk simbol huruf dan angka secara sistematis sehingga dapat dipahami oleh orang lain. (kajianpustaka.com).

Bahkan bagi sebagian penulis kondang, ide tulisan seringkali muncul dari keresahan dan kegalauan yang dialami. Dari kegalauan ini kemudian memacu seorang penulis untuk menggali lebih dalam mengenai permasalahan dan solusinya. Hingga kemudian dituangkan dalam bentuk karya tulis. Dari karya inilah kepuasan batin seorang penulis bisa hadir dan membahagiakan hidupnya.

Menjadi bloger tidak jauh berbeda dengan seorang penulis. Perbedaannya, seorang bloger dituntut memiliki kemampuan lebih dalam mengelola blog. Sedangkan penulis tidak wajib mengelola blog. Penulis bisa bersinergi dengan pengelola blog. Terutama dalam penyediaan konten tulisan. Namun, bloger yang menguasai keahlian menulis dan mengelola blog akan memiliki nilai lebih.

Jadi, jangan menyerah karena galau. Jangan berhenti ngeblog karena galau. Justru galau itu datang sebagai berkah sumber inspirasi untuk menghasilkan karya tulisan yang menginspirasi. Demikianlah cara menghilangkan galau dalam diri bloger labi. Semoga bermanfaat.


Salam bloger kreatif.
Previous
Next Post »

10 blogger-disqus

Click here for blogger-disqus
elva susanti
admin
28/07/2017, 15:39 ×

Kalau saya biasanya jika sedang galau, saya lebih memilih menonton film2 seperti film detektif, dunia hewan dll.

Reply
avatar
Reefa Malik
admin
28/07/2017, 15:58 ×

Wah makasih banyak ilmunya pak... Semoga saya tdk termasuk blogger labil di atas. Aamiin😊

Reply
avatar
28/07/2017, 16:21 ×

Kadang kalo ngeblog bisa bosen. Kalo labil sih nggak, cuma bosen doang. Kadang2 juga sering blank, kehilangan ide buat nulis. Itu semua sih wajar sbg blogger.

Reply
avatar
29/07/2017, 06:11 ×

ngeblog ada masa moodnya bagus n kurang klo lagi bagus bisa bw juga sambil nulis tapi klo dah ga mood blasss malas hehehe

Reply
avatar
Eko Suseno
admin
31/07/2017, 10:51 ×

yup, memang salah satu tips menghilangkan galau yang pernah saya baca adalah dengan mendengarkan musik. ada beberapa orang mungkin lebih suka nonton film. pada prinsipnya kita bisa mengurangi kegalauan dengan cara mengalihkan perhatian pada suatu kegiatan yang kita sukai.

Reply
avatar
Eko Suseno
admin
31/07/2017, 10:52 ×

aamiin... sama-sama kakak...

Reply
avatar
Eko Suseno
admin
31/07/2017, 10:55 ×

iya, bosen biasanya karena sesuatu yang sifatnya monoton. memang berbeda antara lebil dan bosen. biasanya saya mengatasi kebosenan dengan nonton yutube. terutama terkait tips dan motivasi

Reply
avatar
Eko Suseno
admin
31/07/2017, 10:56 ×

haha... rata-rata memang begitu. mood jadi faktor utama untuk nulis

Reply
avatar
Eka Nurmanto
admin
05/08/2017, 19:47 ×

kalau ga ada ide buat bikin artikel, itu akar kegalauan saya..wkwk

Reply
avatar
Eka Nurmanto
admin
05/08/2017, 19:47 ×

kalau ga ada ide buat bikin artikel, itu akar kegalauan saya..wkwk

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon