Cara Optimasi Template Blogspot Agar Lebih Memikat dan Efektif

Assalaamu’alaikum, Gaes….

Cara Optimasi Template Blogspot Agar Lebih Memikat dan Efektif - Ide awal yang membuat saya menulis tutorial ini adalah pertanyaan, “kapan saya harus mempercantik tampilan blog?” Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya sedang mencoba membuat blog di platform Blogspot. Kenapa blogspot? Karena blogspot menurut saya merupakan media yang tepat untuk mendalami kode pemrograman mengunakan HTML.




Kenapa ribet harus belajar kode HTML sih?
Sebagai seorang bloger menurut saya perlu meningkatkan level pengetahuan dan kemampuan. Memang tidak wajib mengetahui atau memahami pengkodean HTML. Namun, tentu seorang blogger akan lebih mudah melakukan optimasi blognya ketika memahami pengkodean HTML. Tentu juga lebih irit biaya ketika terjadi masalah teknis pada blog kita.

Nah, blogspot memberi sensasi tersendiri bagi blogger yang ingin mendalami pengkodean HTML. Termasuk kreatifitas memperindah template dengan melakukan editing atau optimasi kode HTML blog yang dimiliki.

Meskipun blogspot telah menyediakan template standar yang lumayan bagus dan banyak, beberapa bloger merasa belum puas dan ingin mendapatkan tampilan blog yang lebih keren dan sesuai dengan optimasi. Selain alasan keindahan tampilan, factor SEO friendly dan fitur optimasi lainnya dipercaya menjadi asalan mengapa bloger lebih tertarik memasang template blog dari luar. Kesannya lebih elegan dan professional.



Hal ini pula yang kemudian membuat saya mencoba memasang template dari luar ke tubuh blog baru saya, http://senoners.blogspot.co.id. Setelah menimbang beberapa pilihan, akhirnya saya pilih template Chuana Flash Blogger Template. Ini hanya alasan selera, sih. Sebenarnya masih banyak tampilan template blogspot keren yang bisa di download di luar sana.

Di postingan ini saya akan berbagai bagaimana saya melakukan optimasi template blogspot agar lebih memikat dan efektif. Saya akan contohkan dengan menampilkan beberapa kode HTML yang perlu diubah, disesuaikan dengan kebutuhan blog kita.

Saya akan menggunakan script template Chuana Flash Blogger yang sudah saya coba aplikasikan dalam blog saya. Kawan-kawan bisa download atau saya kirim email jika berminat memakainya.


Mari mulai simak langkah-langkah optimasi template Chuana Flash Blogger berikut:

1.    Log in ke dashboard blogger.com.

2.    Buka menu Template, lalu klik “Edit HTML”

3.    Save template untuk backup.

4.   Copy paste script template Chuana Flash Blogger ke editor HTML blog.

5.    Setting keyword blog dan akun publisher atau penulis blog.

Perhatikan gambar di bawah ini. Setting keyword dapat kita lakukan dengan mengganti kalimat, “perawat nurse blogger” dengan keyword blog yang sudah kita tentukan. Kebetulan saya ambil keyword tersebut sebagai kata kunci konten blog saya.


Jika blog kalian tentang travelling, keyword tersebut bisa diganti dengan frase terkait dengan wisata atau perjalanan. Begitu juga dengan blog yang temanya lain, silakan disesuaikan.


Dalam script aslinya, kode tersebut dituliskan dengan symbol, “xxxx” karena sudah saya adaptasi ke blog saya jadi saya sesuaikan keywordnya. Nah, pada prinsipnya bagian tersebut adalah salah satu bagian yang harus kita ubah. Hal ini berkaitan dengan SEO atau optimasi blog di mata mesin pencari.



Selanjutnya kita ubah akun publisher atau penulis blog. Perhatikan URL akun google plus pada gambar. Disana tertulis https://plus.google.com/u/0/+EkoSusenoNers/Post dan URL dibawahnya. Ganti URL tersebut dengan akun google plus kalian.  Sesuaikan setting “geo,placename” dengan lokasi Negara yang kalian tempati.



6.    Setting meta deskripsi blog.

Perhatikan gambar dibawah ini. Ada kalimat yang saya blok, “Blognya Perawat Nurse Seno.” Ganti kalimat tersebut dengan deskripsi blog kalian.




7.    Setting akun media sosial.

Perhatikan URL akun medis social pada gambar di bawah ini. Ada beberapa URL akun media social saya, baik facebook, twitter, google plus, dan instagram. Gantilah dengan URL akun media social kalian. Hal ini untuk mengatur kemana visitor akan diarahkan ketika mengklik icon media social yang ada di pojok kanan atas blog. 


Dengan mengarahkan ke URL akun media social kita, maka visitor akan terhubung dengan kita ketika mengklik icon media social tersebut.



8.    Setting menu navigasi.

Sebelum melakukan setting menu navigasi, pastikan kalian sudah membuat halaman dan mencatat URL untuk masing-masing halaman tersebut. Atau bisa juga dengan mengarahkan ke situs atau blog tertentu yang kita arahkan. 


Perhatikan gambar di bawah. Ada URL, http://senoners.blogspot.co.id/p/blog-page.html URL tersebut saya pasang untuk menghubungkan menu, “ABOUT” pada navigasi bar dengan halaman ABOUT yang sudah saya buat sebelumnya.


Perhatikan URL selanjutnya. Saya arahkan menu CONTACT pada navigasi bar ke halaman Contact dengan URL http://senoners.blogspot.co.id/p/contact.html



9.    Jangan ubah identitas perancang template.

Ingat, kita mengedit script HTML buatan orang lain. Pastinya ada identitas pemilik yang tidak boleh di cederai. Maka jangan sekali-kali menghapus atau merubah identitas pembuat template. Setidaknya hargailah karya orang lain.


Perhatikan kode “Created by …..” pada gambar di bawah. Itu adalah identitas siapa pembuat template yang akan kita pasang di blog.



10.Setting breaking news atau recomended post.

Jika kalian lihat pada template blog saya, di bagian paling atas ada baris bertuliskan “Recommended Post” yang menampilkan konten apa saja yang di posting di blog saya. Untuk memunculkan postingan sesuai dengan konten blog kita, maka ubahlah URL yang tertulis pada kode, ‘var e=”http://senoners.blogspot.com’ ganti dengan URL blog kalian.



11.Lakukan setting lainnya sesuai kebutuhan.

Setting lainnya silakan browsing di google dan lakukan eksperimen untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana membuat tampilan blog menjadi semakin baik.



Nah, sekarang kembali pada pertanyaan saya di awal postingan ini. “kapan saya harus mempercantik tampilan blog?

Menurut saya adalah di awal-awal ketika kita mulai membangun blog. Minimal setelah kita penuhi beberapa elemen blog yang harus ada. Misalnya beberapa halaman, widget, dan beberapa postingan. 


Mengapa harus di awal? Karena setahu saya beberapa kasus terjadi penurunan trafik ketika mengganti template baru. Meskipun nantinya bisa naik kembali.



Selamat mencoba. Semoga tips yang sederhana ini bisa membantu.





Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Saya harap tidak meninggalkan komentar yang memicu konflik dan mengandung URL aktif. Jabat erat. ConversionConversion EmoticonEmoticon